Tuesday, June 18, 2013

Suasana Setono Gedong Kediri Saat Malam Hari

Setono gedong merupakan tempat pusat agama islam yang tua pada saat ini. Setono gedong ini memiliki masjid Auliya yang berada di gerbang depan gapura yang bisa dilihat dari jalan Dhoho kota Kediri.

Di dalam masjid terdapat banyak fasilitas untuk sholat dan meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan masjid yang berdiri sejak abad ke 19 ini, masjid ini bisa menampung lebih banyak orang yang melaksanakan solat. Dan ditambah dengan aula yang berdiri sejak tahun 1400 an, aula ini memiliki sejarah didalamnya.

Aula ini mengisahkan berbagai cerita masyarakat sekitar setono gedong.
Berdirinya aula ini konon dahulu masjid ini dibuat untuk masjid dan dibanti oleh jin islam yang membantu terbentuknya masjid agung di setono gedong ini. Aula ini sangatlah megah apabila dibangun dengan bantuan jin. Namun karena ada orang yang dahulu memukul "tampah" atau tempat makanan yang dahulu dipakai untuk memilih beras yang baik dipukulkan dengan keras, sehingga membuat bala tentara jin yang membantu pembentukan masjid yang sekarang dibuat aula ini menjadi terhenti. Dan akhirnya bala tentara solat subuh dan tidak melanjutkan pekerjaan membangun masjid.

Hingga sekarang aula ini mempunyai dasar lantai berbahab batu yang berumur ratusan tahun. Ini membuktikan bahwa masjid ini memiliki sejarah yang begitu dahsyatnya sehingga orang yang datang di aula ini selalu bisa merasakan semua hal yang baik. Dan perasaan orabg tersebut alan selalu senang dan tenang. Sehingga mereka akan betah untuk datang ke masjid setono gedong ini.
Selain itu didekat masjid ini terdapat makam yang sebagian besar dipakai untuk berjualan kopi dan makanan. Namun ada makam yang paling istimewa yaitu Raden Pangeran Mekah Wasil atau orang sekitar menyebutnya mbah wasil.

Ditempat aula ini dapat dilihat suasana hening yang tercipta oleh dinginnya malam. Namun orang yang datang di aula ini mereka bercerita, berbagi pengalaman, atau hanya sekedar berkunjung. Di aula ini bebas untuk melakukan apapun yang diinginkan seperti merokok, tidur, minum kopi, berdagang, dan lain - lain. Dengan fasilitas yang diberikan seperti lantai yang bersih, pemandangan makam yang asri dan suasana hening yang menenangkan jiwa akan membuat pengunjung Setono Gedong menjadi lebih betah berada di aula.
Setiap jam 1 ke atas disini banyak orang yang "melek'an" atau tidak tidur sampau subuh menjelang pagi. Karena setiap jam 1 keatas menjadikan jam yang istimewa bagi setiap umat manusia yang meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa. Disaat berdiam diri suasana menjadi hening dan terasa lebih matang dalam berpikir untuk menuju kesuksesan.

Saat berada di kuburan "mbah Wasil" siapapun yang meminta petunjuk dan doa restu ziarah ke makam Pangeran Mekah maka tidak akan lama pasti dikabulkan sesuai dengan hari yang baik untuk berziarah. Biasanya pada hari Kamis Kliwon malam Jumat Legi. Di hari tersebut akan mendatangkan banyak peziarah untuk berkunjung dan meminta doa restu agar keinginan menjadi kenyataan.
Di tempat tersebut terdapat sumur "Tiban" yang berarti jatuh dari Allah SWT. Di sumur ini terdapat didekat gapura yang berada di gapura kuburan menghadap ke arah selatan. Dengan air yang di ambil dari sumur Tiban maka keinginan yang diinginkan "insyakallah" dikabulkan oleh Sang Pencipta. Dengan begitu tidak sedikit yang meminum air yang datang dari surga tersebut diminum dan konon segala permintaan baik akan selalu dikabulkan.

Setono Gedong memang selalu menjadi ikon Utama dari masjid besar di kota Kediri. Dan bisa menjadikan wisata rohani yang baik untuk semua umat muslim.

0 komentar:

Post a Comment

Tolong Komentarnya Sob...:D

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

About Me

My photo
Namaku Didin, aku adalah blogger sejati yang bisa memberikan informasi untuk anda.

Copyright © 2013. Jagoan Neon Blog - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates