Monday, February 11, 2013

Tradisi Unik Perayaan Imlek



Imlek sudah datang, semua orang menyambutnya dan bukan dari orang tionghoa saja yang menyambutnya. Semua orang yang menghormati turut menikmatinya dan bisa membuat imlek tahun ini menjadi lebih ramai karena di tahun 2013 ini merupakan tahun naga air yang di prediksi bahwa pengusaha yang berhubungan dengan air bisa menjadi lebih berkembang.

Tradisi ini memang sudah ada sejak warga tionghoa berada di Indonesia saat memperkenalkan Barongshai dan Naga. Namun taukan anda bahwa Imlek juga mempunyai tradisi yang dipercaya bahwa jika melakukan upacara tradisi imlek akan mendatangkan banyak rejeki.

Berikut ini Upacara atau tradisi yang bisa membuat keberuntungan :

Membersihkan Rumah Sebelum Imlek Datang



Membersihkan rumah memang baik untuk menyambut imlek datang, dan membersihkan rumah juga dipercaya bisa memberihkan semua yang menyangkut dengan rejeki jika barang - barang yang ada di rumah bisa bersih.

Mendesain Ulang Tatanan Rumah



Selain membersihkan rumah, warga tionghoa biasanya mendesain ulang tatanan rumahnya. Selain bisa melambangkan jiwa yang kuat, dan mendatangkan rejeki, mendesain rumah ulang di percaya bisa mendatangkan keberuntungan dan kesejahteraan.

Membeli Sepatu Baru



Selain memotong rambut, tradisi membeli sepatu baru adalah cara untuk mensyukuri imlek. Membeli sepatu dengan warna yang merah atau warna terang memang selalu mereka beli untuk melambangkan bahwa warga tionghoa mempunyai sifat baru, dan melambangkan rizki dan kemakmuran.

Melunasi Hutang




Melunasi hutang merupakan lambang dari warga tionghoa di Indonesia sebagai bukti menghilangkan hutang untuk membersihkan beban pikiran. Harapannya agar sehabis Imlek akan memperoleh Rejeki yang banyak.

Memberikan Angpao




Memberikan angpao merupakan salah satu cara untuk mensyukuri datangnya Imlek. Angpao ini bisa didapat jika salah satu keluarganya belum menikah.

Barongshai dan Naga



Barongshai memang melambangkan kesenangan dan kebahagiaan, karena dengan barongshai bisa mendatangkan kesenangan bagi yang menontonnya.

Menyajikan Makanan Khusus




Tradisi hari raya Imlek biasanya ada 12 jenis makanan yang bisa membuat imlek ramai. 12 makanan ini melambangkan 12 shio yang  didoakan bersama - sama bersama kelarga. Masing-masing makanan memiliki makna tersendiri. Misalnya, Siu Mie melambangkan panjang umur dan kemakmuran, lapis legit melambangkan rizki berlapis-lapis, Ikan sebagai simbol air, serta Bebek atau Ayam utuh sebagai lambing untuk udara.

Pantang Makan Bubur




Makanan bubur memang enak untuk di makan, namun dengan harga yang murah membuat lambang dari makanan ini tidak boleh di makan saat dirayakan Impek.

Pantang Membersihkan Halaman Saat Hari H




Pada saat hari H memang semua aktivitas harus di akhiri. Karena dengan berdoa tanpa membersihkan halaman akan bisa cepat di kabulkan permintaan doa yang di tulis di jendela atau pintuu rumah.

0 komentar:

Post a Comment

Tolong Komentarnya Sob...:D

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

About Me

My photo
Namaku Didin, aku adalah blogger sejati yang bisa memberikan informasi untuk anda.

Copyright © 2013. Jagoan Neon Blog - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates